3.2. Desain Revenue Cycle
b. Prosedur penjualan kredit note book dan komputer rakitan standar:
1. Analisis kelemahan yang
ada dan solusinya.
Kelemahan :
a. Omset
penjualan kredit tinggi, namun banyak piutang dari penjualan kredit yang sulit
ditagih.
b. Sistem
penjualan secara kredit yang tidak meminta suatu jaminan dari kustomer untuk
jangka waktu angsuran maksimal 12 bulan.
c. Petugas
analisis kredit melakukan survey ke rumah calon kustomer untuk memastikan
apakah layak atau tidak di berikan kredit.
Solusi :
a. Lebih
selektif dalam menerima kustomer yang akan membeli secara kredit dan
menambahkan bagian penagihan di departemen marketing.
b. Seharusnya
PT JCT memberikan kredit kepada kustomer dengan jaminan yang diberikan oleh
kustomer, apabila kustomer tersebut melakukan pembelian dalam jumlah yang
banyak.
c. Sebaiknya
analis kredit melakukan survey ke rumah calon kustomer bersama manager
pemasaran agar manager pemasaran dapat melihat langsung kondisi keuangan
kustomer dan segera memberi keputusan layak atau tidaknya memberikan kredit
sebelum mengotorisasi surat pernyataan kelayakan pemberian kredit.
2. Desain prosedur yang diusulkan
dengan menggunakan flowchart
1. Customer melakukan pembelian
secara kredit (tanpa jaminan dengan angsuran maksimum 12 bulan dan DP 30% dari
nilai transaksi)
2. Bagian penjualan menyiapkan
dokumen aplikasi kreditrangkap 2 untuk diisi oleh calon customer
3. Aplikasi kredit diserahkan
kepada bagian analis kredit untuk dilakukan analisis
4. Petugas analisis kredit
melakukan survey kerumah calon customer dan kepala bagian akan memberikan
keterangan pada aplikasi kredit
5. Lembar 1 diserahkan kepada
kabag penjualan sedang lembar ke 2 di arsip
6. Kabag penjualan memberitahu
calon customer tentang distujui atau ditolak kredit tersebut
7. Bagi yang disetujui akan
diminta datang ke kantor untuk menandatangani perjanjian daqn membayar DP.
8. Calon customer akan diterima
oleh SPG untuk memproses perjanjian kredit.
9. Setelah ditandatangani SPG
menyerahkan invoice rangkap 3 kepada customer dan memintanya membayar DP ke
kasir terlebih dahulu
10. Kasir men cap lunas uang muka
pada invoice dan mengembalikan 2 lembar kepada customer sedang lembar ke 3 di
arsip
11. Customer menunjukkan 2 lembar
invoice kepada SPG, lembar 1 diserahkan kepada customer sedang lembar kedua di
arsip sementara untuk nantinya diserahkan ke bagian tekhnik untuk di produksi
12. Setelah computer selesai
bagian tekhnik menyerahkan computer dan lembar 2 ke bagian pengiriman untuk
dikirim ke rumah customer
13. Setelah ditandatangani dan
diterima bagian pengiriman mengembalikan kembali ke kasir.
2. Menyusun daftar formulir dan
laporan yang diperlukan.
Dokumen yang diperlukan :
a.
Formulir Penjualan Kredit
b.
Laporan Bulanan
c.
Formulir pesanan penjualan
d.
Surat Jalan
e.
Kartu gudang
3. Desain laporan yang perlu
disajikan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar