Mengenai Saya

Foto saya
Yogyakarta, D.I. Yogyakarta, Indonesia

Senin, 15 Oktober 2012

Lab. SIA 3.2 (penjualan kredit) - penyelesaian

3.2. Desain Revenue Cycle
b. Prosedur penjualan kredit note book dan komputer rakitan standar:
    1. Analisis kelemahan yang ada dan solusinya.
Kelemahan :
a.      Omset penjualan kredit tinggi, namun banyak piutang dari penjualan kredit yang sulit ditagih.
b.      Sistem penjualan secara kredit yang tidak meminta suatu jaminan dari kustomer untuk jangka waktu angsuran maksimal 12 bulan.
c.       Petugas analisis kredit melakukan survey ke rumah calon kustomer untuk memastikan apakah layak atau tidak di berikan kredit.
Solusi :
a.      Lebih selektif dalam menerima kustomer yang akan membeli secara kredit dan menambahkan bagian penagihan di departemen marketing.
b.      Seharusnya PT JCT memberikan kredit kepada kustomer dengan jaminan yang diberikan oleh kustomer, apabila kustomer tersebut melakukan pembelian dalam jumlah yang banyak.
c.       Sebaiknya analis kredit melakukan survey ke rumah calon kustomer bersama manager pemasaran agar manager pemasaran dapat melihat langsung kondisi keuangan kustomer dan segera memberi keputusan layak atau tidaknya memberikan kredit sebelum mengotorisasi surat pernyataan kelayakan pemberian kredit.

 2.      Desain prosedur yang diusulkan dengan menggunakan flowchart

1.      Customer melakukan pembelian secara kredit (tanpa jaminan dengan angsuran maksimum 12 bulan dan DP 30% dari nilai transaksi)
2.      Bagian penjualan menyiapkan dokumen aplikasi kreditrangkap 2 untuk diisi oleh calon customer
3.      Aplikasi kredit diserahkan kepada bagian analis kredit untuk dilakukan analisis
4.      Petugas analisis kredit melakukan survey kerumah calon customer dan kepala bagian akan memberikan keterangan pada aplikasi kredit
5.      Lembar 1 diserahkan kepada kabag penjualan sedang lembar ke 2 di arsip
6.      Kabag penjualan memberitahu calon customer tentang distujui atau ditolak kredit tersebut
7.      Bagi yang disetujui akan diminta datang ke kantor untuk menandatangani perjanjian daqn membayar  DP.
8.      Calon customer akan diterima oleh SPG untuk memproses perjanjian kredit.
9.      Setelah ditandatangani SPG menyerahkan invoice rangkap 3 kepada customer dan memintanya membayar DP ke kasir terlebih dahulu
10.  Kasir men cap lunas uang muka pada invoice dan mengembalikan 2 lembar kepada customer sedang lembar ke 3 di arsip
11.  Customer menunjukkan 2 lembar invoice kepada SPG, lembar 1 diserahkan kepada customer sedang lembar kedua di arsip sementara untuk nantinya diserahkan ke bagian tekhnik untuk di produksi
12.  Setelah computer selesai bagian tekhnik menyerahkan computer dan lembar 2 ke bagian pengiriman untuk dikirim ke rumah customer
13.  Setelah ditandatangani dan diterima bagian pengiriman mengembalikan kembali ke kasir.


2.      Menyusun daftar formulir dan laporan yang diperlukan.
Dokumen yang diperlukan :
a.         Formulir Penjualan Kredit
b.         Laporan Bulanan
c.         Formulir pesanan penjualan
d.         Surat Jalan
e.         Kartu gudang

3.      Desain laporan yang perlu disajikan   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar