PENDAHULUAN
PT. JCT didirikan tahun 2005 oleh
seorang pengusaha retail yang menguasi 60% saham peusahaan bernama Rahmat
Sarwono, S. Kom. Istrinya menguasai 25% saham bernama Endah Sumringah dan
anaknya yang bernama Suwondo Suryogunarso sebesar 15%.
Sampai saat ini, PT. JCT bergerak
dalam bidang perakitan komputer dan perdagangan komputer yang dilakukan baik
secara tunai ataupun kredit. PT. JCT menjual empat kelompok produk seperti:
1.
Komputer Notebook
2.
Komputer rakitan standar PT. JCT dan rakitan pesanan kustomer
dengan merek “DGNet”
3.
Komponen komputer (Input device, processor, dan output
device)
4.
Peripheral komputer (soundcard, land card, speaker aktif)
PT. JCT melakukan analisis stok terlebih dahulu untuk
menentukan barang-barang yang dibutuhkan (akan dibeli). Berdasarkan analisis
tersebut kemudian PT. JCT memesan barang kepada para suppliernya dengan membuat
dan mengirimkan PO. Melalui proses obtain
customer yang sederhana, barang-barang tersebut kemudian dijual kepada para
kustomer dengan tingkat keuntungan tertentu. Proses pengadaan dan penjualan
semua barang dagangan tersebut juga didasarkan pada kebijakan anggaran keuangan
perusahaan dan realisasi transaksinya dicatat dalam buku catatan akuntansi yang
tersedia.
3.1. Desain
Sistem Organisasi, yang meliputi :
a. Melakukan analisis terhadap sistem organisasi
yang sudah ada untuk mengidentifikasi kelemahan yang ada dan memberikan solusi
yang diusulkan
§ Dalam struktur sistem
organisasi yang lama terdapat kelemahan dalam penempatan posisi, yaitu adanya
perangkapan jabatan seperti pemegang dewan komisaris (Rahmat, Sumringah, dan
Suwondo) merangkap jabatan sebagai direktur dan manager seharusnya ada pemisahan
jabatan sehingga setiap jabatan diisi hanya satu orang saja.
C. Fungsi Setiap
Posisi / Jabatan
6. Job deskripsi masing-masing fungsi
yang mencakup tugas dan wewenang serta requirement antara lain:
a.
Dewan Komisaris
Dewan komisaris adalah pihak-pihak
yang berfungsi mengawasi aktifitas
bisnis dan manajemen PT. JCT dalam upaya mencapai tujuan perusahaan.Skill yang
diperlukan minimal lulusan S1
b.
Direktur
Direktur
berfungsi mengarahkan dan mengendalikan seluruh aktifitas perusahaan agar
tujuan perusahaan yang telah ditentukan dapat tercapai secara optimal, serta
mempertanggungjawabkan seluruh aktifitas tersebut kepada para pemegang saham.
Skill yang
diperlukan minimal lulusan S1.
c.
Manajer Pemasaran
Manajer Pemasaran
berfungsi mengelola dan mempertanggungjawabkan seluruh aktifitas pemasaran,
yang meliputi tahap display produk, memperoleh kustomer, analis kredit, proses
pesanan penjualan, dan pengiriman barang.
Skill yang
diperlukan minimal lulusan D3.
● Bagian Penjualan
Melaksanakan
aktifitas display produk, memperoleh kustomer, dan memperoleh sales order.
● Bagian analis kredit
Melaksanakan
analis terhadap kemampuan membayar calon kustomer
yang akan membeli secara kredit, mulai dari survey kustomer sampai dengan diterbitkannya laporan hasil analis
kredit.
● Bagian Pengiriman
Melaksanakan
pengiriman barang kepada kustomer.
d.
Manajer Produksi
Manajer
produksi berfungsi mengelola dan mempertanggungjawabkan seluruh aktifitas
produksi, yang meliputi tahap
pengadaan barang, perakitan, instal software, dan pengujian produk.
Skill
yang diperlukan minimal lulusan S1.
● Bagian pengadaan dan stok
Melaksanakan
analisis kebutuhan barang, pembeliannya, dan penyimpanannya.
● Bagian teknik
Melaksanakan
seluruh aktifitas teknik yang meliputi perakitan komputer, instalasi/setting komputer, pengujian komputer, dan
berbagai kegiatan maintenan komputer di
kantor.
e.
Manajer administrasi dan keuangan
Manajer
administrasi dan keuangan berfungsi mengelola dan mempertanggungjawabkan
seluruh aktifitas administrasi perkantoran, manajemen
keuangan, dan akuntansi perusahaan.
Skill yang
diperlukan minimal lulusan S1.
● Bagian administrasi dan umum
Melaksanakan
seluruh administrasi perkantoran, termasuk humas
dan hot line kustomer.
● Bagian keuangan dan akuntansi
Melaksanakan
berbagai analisis kinerja keuangan perusahaan, pencatatan transaksi perusahaan.
● Kasir kas masuk sekaligus kas keluar
Melaksanakan
fungsi kasir kas masuk dan sekaligus kas keluar.
7. Kelemahan struktur organisasi
Kelemahan struktur
organisasi PT. JCT yaitu PT. JCT belum memiliki job diskripsi secara detail
untuk masing-masing posisi/jabatan yang ada dalam organisasi. Jumlah karyawan
dalam setiap bagian kurang sesuai. Tidak adanya auditor yang dapat mengaudit
serta menganalisis laporan keuangan yang telah dibuat oleh Bagian Akuntansi.
● Bagian promosi
Jika
tidak ada bagian promosi maka para kustomer tidak banyak mengetahui
produk-produk yang dijual di PT. JCT sehingga banyak produk-produk yang
menumpuk di gudang karena sulit laku dijual.
● Bagian kredit dan penagihan
Jika
tidak ada bagian kredit dan penagihan maka proses penagihan tidak berjalan dengan lancar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar