Mengenai Saya

Foto saya
Yogyakarta, D.I. Yogyakarta, Indonesia

Sabtu, 09 April 2011

PLASTIK!

plastik? gak asing kan kalian dengernya? tp asing gak kalo makhluk2 di laut lepas sana mreka keracunan karna plastik. Yups, RACUN! barusan, aku ntn tv. katanya tv banyak sampah plastik yg udh mencemari laut lepas. ko bisa? karna kita kurang sadar diri apa artinya bersih. pemakaian plastik pun skrg sedang dikurangi jumlahnya. tp kalian sadar ga sih kalo pemakaian plastik yg lg dikurangin itu bukan kemana2 kita harus bawa tas kain yg maksudnya kalo kita belanja2 gitu gausah pake kantong plastik, tinggal masukin aja! orang2 itu salah sekali kalo kita harus ngurangin kantong plastik! jangan salahin shopaholic aja dooong.. mreka2 juga harusnya ngurangin pabrik2 mainan, pabrik korek gas, pabrik bolpoin atau sejenisnya. kenapa? di tv di jelasin bahwa jenis plastik seperti inilah yg paling mendominasi dalam pencemaran lingkungan. Jumlahnya bisa nyampe lebih atau kurang dari 75 dari berbagai jenis seperti, mainan tembak2an yg kecil yg dibuatnya dr plastik,terus juga bolpoin,pematik,bola deodoran!,bola golf dan sejenisnya. Sadar?Tau? kalian2 pasti ga pernah sadar akan lingkungan kalian. gimana mau maju kalo kalian sendiri juga ga pernah tau kondisi lingkungan yg akan terjadi kalo kalian berbuat sesuatu?
bayangin, banyak hewan2 laut contohnya nih kaya lumba2, mreka sering kecantol kantong plastik di siripnya,dan benda plastik yg menutup mulutnya.ini jelas menganggu pernapasan mreka.kesian kan??
itu alam loh, keajaiban yg Tuhan kasih buat kita, sayang banget skrg malah jd tempat pembuangan sampah plastik terakhir.yahhhh...

China? gak boleh memandang bahwa negara RRC ini asli org2nya pinter, canggih dan jenius. kalian harus sadar, bahwa banyak sekali masyarakat china hidup di pinggiran dan melakukan pekerjaan yg engga layak! mreka harus rela melakukan pekerjaan yg mempertaruhkan nyawa mreka sendiri! pembuangan sampah elektronik paling besar akan berakhir di cina. banyak masyarakat yg bekerja membakar daleman komputer yg smengandung beberapa jenis kimia yg sangat berbahaya bagi kesehatan mreka. ada juga yg kerjanya nyari tempat bekas tinta print komputer. bayangin, itu banyak abu yg mengandung jenis kimia beracun yg sangat dapat menyakitkan dan menyebabkan luka di paru2 mreka. waktu di wawancarain sama pihak itu tv tentang kesadaran mreka soal kesehatan dan pekerjaannya, mreka jawab apa? mreka bilang "ya,saya tahu dampak dan resiko dari pekerjaan saya, saya-pun khawatir akan kesehatan saya, terkadang memikirkan kerja paru2 saya dan dengan mudahnya abu yg mengandung ribuan senyawa kimia itu masuk. tetapi, harus seperti apa lagi? saya-pun tak tahu harus berbuat seperti apa?" mreka gak tau!!!! karna gak ada solusi yg bisa dicari untuk mendapatkan hal pekerjaan yg lebih baik.

Yups, sekarang kita harus ngehargain apa itu elektronik. semakin canggih elektronik yg kita miliki semakin mengancam nyawa hidup mreka. jangan bilang "itu urusan mereka" karena kita-pun semakin ke sini semakin menjadi manusia egois yg selalu ingin terlihat trendy karena memiliki gadget yg bener2 canggih! mreka-pun bisa bilang kalo sampah2 itu bukan tanggung jawab mreka karna mreka sendiripun tidak pernah memakainya, tp mreka lakukan demi uang!! UANG. yah.. akhir2 ini, uang bukan segalanya itu bohong. sapa sih yg mau kmn2 tanpa uang? kita gabisa makan,beli baju ataupun zakat kalo tanpa uang?!bahkan soal perolehan nilai di kalangan pendidikan pun uang adalah urutan teratas drpd mutu masing2 anak tersebut. sadis!!
oke. Jaga kelestarian alam mulai dr mengurangi pembelian elektronik yg terlalu banyak, pengurangan kantong plastik dan pembelian mainan!! hehe.

Selamat malam, draw a great dream. keep fight, laugh and rock on. salam metal dan satu jiwa \m/ haha


Tidak ada komentar:

Posting Komentar